Kapolres Situbondo Panen Jagung Bersama Gus Ipul

Tribrata News Situbondo – Polres Situbondo, Senin (11/9/2017) Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono, SH. SIK. MSc (Eng) mengikuti rangkaian acara panen raya jagung yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul di dusun Karangasem kec. Situbondo.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto, SH, Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf. Ashari, S.Pd dan jajaran Forkompimda dan masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani seluruh Situbondo.

Di acara panen raya ini, sedikitnya 420 hektar lahan milik petani jagung di seluruh Kecamatan Situbondo, siap dipanen.

Kemajuan teknologi dari segi pembibitan dan peralatan pertanian, kian hari kian canggih. Alhasil petani, kini bisa bercocok tanam lebih cepat dan biaya besar bisa ditekan. Namun, adanya teknologi canggih, pastinya mengancam buruh tani yang ada di Situbondo .

Gus Ipul menambahkan, penyusutan lahan pertanian di Jawa Timur terus terjadi. Kendala tersebut, lantaran lahan pertanian produktif banyak yang beralih fungsi. Namun untuk mencapai swasembada pangan, Pemprov Jatim telah bekerja sama memanfaatkan lahan perhutani dan perkebunan.

Dari data Dinas Pertanian Holtikultura Situbondo, memiliki 420 hektar hamparan lahan jagung siap panen pada bulan Oktober nanti. Dengan produktifitas rata – rata 6,8 ton per hektar. Ratusan hektare lahan tersebut sebagian kecil diperlakukan secara organik dan selebihnya semi organik. (humas/dra)

%d blogger menyukai ini: