Kapolsek Besuki Menghadiri Panen Perdana Padi Organik di Desa Sumberejo

Polres Situbondo – Tribratanewssitubondo, Program lahan kelompok tani bahagia berbasiskan kearifan lokal di desa Sumberejo ini mulai berbuah hasil . Sabtu pagi (11/8/2018) Kepala bidang pertanian melakukan panen perdana padi organik di desa Sumberejo , Kecamatan Besuki , Situbondo .

Panen perdana tersebut, dihadiri Camat Besuki , kapolsek besuki AKP Sugiarto S.H serta bhabinkamtibmas dan Babinsa Besuki. Adapun pemuda taninya yang bekerja sama dengan lembaga pertanian . “Padi ini betul-betul organik, 100 % organik. Tidak menggunakan pupuk kimia atau insektisida sediktpun,” ujar jupri , pemuda tani yang panen perdana.

Menurut Jupri mempelopori padi organik ini tidak lah mudah karena semenjak memulai menggunakan pupuk organik warga sekitar desa banyak yang enggan menggunakan pupuk organik bahkan memandang sebelah mata karena pupuk organik jarang di terapkan di desa tersebut .

Menggunakan pupuk organik berupa campuran seperti pohon bambu , batang pisang kotoran sapi dan lain lain . “Biayanya jauh lebih murah. Sekali pembuatan langsung bisa digunakan hingga empat musim tanam. Gak perlu biaya pupuk lagi,” jelasnya.

Jupri menambahkan mengembangkan pupuk organik itu punya tantangan tersendiri selain sawah di kanan kiri menggunakan pupuk kimia . “sejak awal saya menanam banyak yang mencomooh , mereka bilang kalo gak kuat beli pupuk gak usah bertani, sampai akhirnya saya berhasil membuktikannya,” ujar jupri .

Menerapkan pupuk organik di lahanya yang di tanami padi juga membutuhkan ketelatenan , namun perbedaan yang di hasilkan sangatlah jauh di banding menggunakan pupuk kimia yaitu padi yang dihasilkan lebih putih dan berisi juga selisih harga padi organik yaitu Rp.17.000,00 /kg sedangkan padi biasa antara Rp.13.000,00 s/d Rp.15.000,00 /kg.

Program ini merupakan bagian regenerasi petani yang akan baik kedepannya . Jupri juga mendapatkan apresiasi dari banyak instansi atas keberhasilannya tersebut . (fndi/besuki)

Tulis Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: