Tangkal Paham Radikal, Bahaya Narkoba dan Hoax, Kapolres Situbondo bersama Kepala Kemenag Jalin Kerja Sama Perekrutan Da’i Kamtibmas

Polres Situbondo – Tribratanewssitubondo, Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono, S.H., S.I.K., M.H bersama Kepala Kementrian Agama Situbondo Drs. H. Adi Ariyanto M.Pdi. menandatangi MOU atau kesepakatan kerja sama dalam perekrutan penyuluh Non PNS menjadi Da’i Kamtibmas.

Kegiatan MOU yang digelar di Kantor Kemenag Situbondo jalan PB. Sudirman Situbondo pada hari Jum’at (10/8/2018) dihadiri Kasat Binmas AKP Supariyono, SS, Kasi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren Rifandi Junaidi S.Ag M.Pd, Kasi Bimas Islam H. Imam Turmidzi S.Ag, M.Hi, Ketua IKSASS Ustadz Aburowi S.Ag, Ketua FKUB  HM Yusron Shofrowi S.Ag.

Dalam sambutannya, Kapolres Situbondo menyampaikan MOU perekrutan Da’i Kamtibmas merupakan tindak lanjut dari Focus Group Discussion (FGD) sebelumnya dimana sudah Da’i Kamtibmas yang direkrut dalam rangka menangkal paham radikal, menanamkan nilai-nilai Pancasila, menanggulangi bahaya narkoba dan hoax.

Da’i Kamtibmas sebagai pendakwah yang dapat mengajak dan membina masyarakat untuk dapat mewujudkan lingkungan aman dan tertib yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam, Pancasila. Hadirnya da’i kamtibmas ini dapat memberikan tausiah dan ceramah kepada masyarakat dan diharapkan dapat mencegah paham radikal.

“ terbentuknya Da’i Kamtibmas diharapkan dapat menyampaikan ceramah sesuai permasalahan yang ada di wilayahnya. Utamanya permasalahan kondusivitas kamtibmas di lingkungannya, karena nikmat aman adalah nikmat yang tiada tara “ ucap AKBP Awan Hariono

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan dalam upaya mencegah paham radikal diperlukan kerja sama dan sinergitas semua pihak baik Kepolisian, TNI, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama, Pondok Pesantren, tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh masyarakat Situbondo.

Sementara itu, Kepala Kemenag menyampaikan ungkapan terima kasih atas dukungan Kapolres Situbondo terkait kerja sama dalam perekrutan penyuluh Non PNS menjadi Da’i Kamtibmas.

“ semoga Da’i Kamtibmas dapat mendukung dan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif “ ucap Drs. H. Adi Ariyanto M.Pdi

Untuk jumlah Da’i Kamtibmas berjumlah 80 orang diantaranya 30 orang yang telah direkrut pada tahun 2017 lalu ditambah 50 orang yang baru direkrut tahun 2018. (humas/dra)

Tulis Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: