Bhabinkamtibmas Polsek Asembagus Sosialisasi dan Simulasi Penanganan Gempa Bumi di SDN 1 Wringin Anom

Polres Situbondo – Tribratanewssitubondo, Pada hari Jum’at tanggal 12 Oktober 2018 sekira jam 08.30 Wib Bhabinkamtibmas Desa Wringin Anom Polsek Asembagus Brigadir Herik Susanto bekerja sama dengan Ibu Imsiatul Hasanah, S.Pd. selaku Kepala SDN 1 Wringin Anom Kec. Asembagus telah melaksanakan kegiatan simulasi penanganan bencana gempa bumi yang diamsusikan terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,4 Magnitudo.

Pelaksanaan Simulasi diamsusikan terjadi dua kali gempa bumi yaitu pada saat para siswa berada di dalam ruangan kelas dan di luar ruangan / halaman sekolah.

Simulasi yang pertama dilaksanakan dengan asumsi terjadinya gempa bumi pada saat para siswa berada di dalam kelas sedang mengikuti kegiatan belajar mengajar, nampak pada saat terjadi gempa bumi para siswa yang pada saat itu berada di dalam kelas berusaha menyelamatkan diri dengan berlarian kebawah meja, kursi dan pojokan tembok ruang kelas sambil melindungi kepala mereka dengan menggunakan tas sekolah, buku dll

Simulasi yang kedua dilaksanakan dengan asumsi terjadinya gempa bumi pada saat para siswa berada di luar ruangan / halaman sekolah, nampak pada saat terjadi gempa bumi para siswa yang pada saat itu berada di luar ruangan / halaman sekolah berusaha menyelamatkan diri dengan berlari ke tempat yang aman ke halaman yang luas yang jauh dari resiko terkena reruntuhan bangunan maupun pohon tumbang akibat terjadinya gempa tersebut.

Pada pelaksanaan kegiatan simulasi gempa bumi tersebut nampak sejumlah siswa menangis terseduh ketakutan karena mengira bahwa kejadian tersebut merupakan kejadian gempa bumi yang sebenarnya, salah satu Siswa yang menangis dan ketakutan adalah siswa Kelas 4 yang bernama Nur Afni Cantika Dewi, alamat Dusun Banongan Selatan Desa Wringin Anom Kec. Asembagus Kab. Situbondo.

Pelaksanaan simulasi gempa bumi ini untuk memberikan pengetahuan, kemampuan, kesiapan diri kepada para siswa untuk menyelamatkan diri saat terjadinya gempa bumi.

Kepala Sekolah SDN 1 Wringin Anom Ibu Imsiatul Hasanah, S.Pd. mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bhabinkamtibmas yang ikut terlibat dalam pelaksanaan simulasi terjadinya gempa bumi di SDN 1 Asembagus dan berharap tidak ada gempa bumi sungguhan di wilayah Situbondo.

Pelaksanaan simulasi di tutup dengan doa bersama oleh seluruh siswa dan pihak yang terlibat guna mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dan berharap semoga di wilayah Situbondo dijauhi dari musibah dan bencana alam.

Nampak para Siswa SDN 1 Wringin Anom sangat senang dengan pelaksanaan simulasi gempa bumi tersebut karena dapat menjadi ilmu pengetahuan dan kesiapan diri sejak dini dalam menghadapi bencana gempa bumi.

Pelaksanaan Simulasi pada hari ini merupakan simulasi hari kedua dimana pelaksanaan simulasi sebelumnya dilaksanakan pada hari kamis tanggal 11 Oktober 2018.(Asb/eyi)

%d blogger menyukai ini: