Cangkrukan Kamtibmas, Kapolres Situbondo bersama Netizen Sepakat Lawan Hoax

Polres Situbondo – Tribratanewssitubondo, Kemajuan media sosial di Indonesia baik di kalangan muda dan dewasa, mengalami kemajuan yang sangat pesat bagi penggunanya. Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi terkait aktifitas maupun apapun yang dirasakan penggunanya.

Kehidupan masyarakat jaman now tidak lepas dari pengaruh media sosial atau lebih dikenal medsos atau jejaring sosial dimana pengguna terbesarnya adalah generasi muda. Menyikapi perkembang tersebut, Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono, S.H.,S.I.K.,M.H. mengajak para Netizen di Kab. Situbondo menggelar cangkrukan kamtibmas anti hoax – anti black campaign, Senin (22/10/2018)

Acara yang digelar di Wisma Kapolres dihadiri berbagai komunitas dunia maya (dumay) diantaranya grup Info Warga Situbondo (IWS), Sidang Situbondo, HIPSI, GPS, Wartawan, Perbakin, klub motor / otomotif dan komunitas lainnya yang bertujuan untuk silaturahmi dan diskusi terkait perkembangan medsos di Situbondo.

Saat membuka acara cangkrukan kamtibmas bersama netizen, Kapolres menyampaikan tingkat penggunaan media sosial di Situbondo cukup tinggi khususnya pengguna Facebook, medsos ini memiliki dampak positif seperti kecepatan informasi dan negatif seperti hoax, provokasi, paham radikal yang semuanya sangat mudah dijumpai media sosial.

“ medsos adalah tempat “free speech” atau bebas berekspresi namun tentunya ada batasan karena penggunaan medsos sudah diatur dalam UU nomor 19 tahun 2016 tentan Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) “  kata AKBP Awan Hariono

UU ITE ini bukan untuk ditakuti namun bagaimana kita  sebagai penggunanya bisa menyikapi dengan bijak dan mempertimbangkan segala hal terkait suatu postingan/tulisan/audio visual yang kita bagikan dimedsos.

Selain itu, Kapolres mengharapkan para Netizen tidak membangun opini yang salah dan tidak dapat di pertanggung jawabkan karena itu sangat bahaya namun kritik yang membangun sangat di butuhkan oleh semua orang demi kemajuan Situbondo.

Kegiatan cangkrukan kamtibmas Kapolres Situbondo bareng Netizen mendapat respon positif dari Pembina Netizen sekaligus Pembina HIPSI Situbondo Kyai Hamim, beliau menyampaikan apresiasi untuk Polres Situbondo yang sudah berperan aktif dalam grup medsos untuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar bijak menggunakan media sosial.

Usai sambutan dilanjutkan dengan diskusi terkait medsos, kegiatan berlangsung akrab antara Kapolres Situbondo dengan para Nteizen. (humas/dra)

%d blogger menyukai ini: