Polres Situbondo Sosialisasi dan Simulasi Tanggap Bencana Gempa

Polres Situbondo – Tribratanewssitubondo, Gempa bumi memang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi terlebih lagi di Indonesia yang memang rentan terhadap terjadinya gempa dan tsunami karena berada diwilayah cincin api. Seperti yang terjadi pada Kamis dini hari, wilayah Situbondo terjadi gempa dengan kekuatan 6,4 SR.

Sebagai langkah untuk meminimalisir jatuhnya korban akibat gempa, Polres Situbondo melakukan sosialisasi dan simulasi tanggap bencana gempa bumi kepada masyarakat dan sekolah, Jum’at (12/10/2018)

Kapolres AKBP Awan Hariono, S.H.,S.I.K.,M.H bersama Kasat Lantas turun langsung ke masyarakat untuk memberikan sosialisasi tanggap darurat bencana gempa kepada masyarakat sebagai bekal pengetahuan bagaimana dan apa yang harus dilakukan pada saat terjadi gempa.

Beberapa tips yang dapat dilakukan masyarakat pada saat terjadi gempa diantaranya

  1. Bila berada didalam bangunan, segera berlindung dibawah rangka bangunan atau dikolong benda yang kuat (Meja, Kursi dll) setelah itu keluarlah menuju tempat terbuka menggunakan tangga darurat. Menjauhlah dari jendela kaca dan benda-benda yang berpotensi akan jatuh (Lampu, Lemari, Vas Bunga dll)
  1. Bila berada di luar, cari tempat terbuka yang jauh dari bangunan, tiang listrik, baliho, pohon tinggal dll yang berpotensi roboh.
  1. Bila sedang mengemudi, berhentilah dan menjauh dari jembatan atau terowongan.
  1. Bila berada di pegunungan, hindari lereng dan jurang dan waspadalah dengan reruntuhan batu atau tanah longsor akibat gempa.
  1. Bila berada di pantai, segeralah berpindah kedaerah yang lebih tinggi untuk menghindari apabila gempa berpotensi menyebabkan gelombang tsunami.

Kapolres mengatakan bencana tidak perlu ditakuti namun diwaspadai karena tidak satupun yang mengetahui kapan bencana akan terjadi, namun dengan waspada dan kesiapan masyarakat diharapkan dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa.

Sosialisasi dan simulasi tanggap bencana gempa bumi diselenggarakan atas kerja sama Polres Situbondo dengan BPBD Situbondo. (humas/dra)

Tulis Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: