Polsek Panarukan Berikan Pengamanan Acara Petik Laut di TPI Desa Kilensari

Polres Situbondo – Tribratanews Situbondo, Kapolsek Panarukan IPTU SUPENDI,S.H pimpin Wal dan Pam Giat petik laut di TPI pesisir desa. Kilensari kecamatan. Panarukan.  Selasa (23/10/2018)

tradisi petik laut ini merupakan ritual syukur masyarakat terhadap karunia alam yang melimpah. Harapannya, nelayan dan petani desa setempat mendapat keberkahan sehingga mendapat kemudahan dalam menjalankan aktifitasnya di kemudian hari.
“Larung sesaji atau petik laut ini juga dibarengkan dengan sedekah desa. Semoga ke depannya masyarakat di Desa Kilensari mendapat berkah yang melimpah,” ujar sesepuh desa Kilensari
Ia menyebutkan, dalam petik laut tahun 2018 ini, panitia menyediakan beberapa yang sudah dihias, Perahu itu akan digunakan untuk mengusung sekaligus mengawal pelepasan Petik laut atau melarung sesajen di tengah lautan.
Para nelayan sangat antusias mengikuti acara petik laut. Puluhan perahu juga akan mengikuti proses pelepasan petik laut tersebut.

Tak hanya melaksanakan pengamanan Kapolsek Panarukan juga memberikan himbauan kamtibmas kepada kerumunan warga agar tidak meminum minuman keras saat berjalan nya acara petik laut. Agar selama berjalanya acara petik laut tersebut dapat berjalan dengan aman dan masyarakat yang menyaksikan merasa senang dan puas karena pelaksanaannya berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. (Polsek Panarukan)

 

%d blogger menyukai ini: