Kapolsek Asembagus AKP H SUGIONO SH MH, turun tangan melaksanakan problem solving di ruang kerjanya. (Asb/Ton)

Kapolsek Asembagus Melaksanakan Problem Solving Bersama Anggota Bhabinkamtibmas

Tribratanewssitubondo-PolresSitubondo, Kapolsek Asembagus bersama anggota Bhabinkamtibmas melaksanakan mediasi dalam rangka problem solving masalah gadai tanaah Persawahan yang terletak di Desa Mojosari Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo, Jumat (9/11/2018).

Kegiatan mediasi tersebut di lakukan di ruang kerja Kapolsek Asembagus dan menghadirkan pihak-pihak yang sedang bertikai.

Adapun pihak yang bersengketa ialah Sholehuddin, (selaku pengambil gadai sawah) alamat Desa Mojosari Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo dengan Nurhatip alias Haji Yuyun (Selaku yang menggadaikan sawah), alamat Desa gadingan Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo.

Permasalahan terjadi berawal dari Sholehuddin mengambil gadai sawah kepada Nurhatip alias H. Yuyun dengan uang jaminan sebesar Rp40.000.000,- (empat puluh juta rupiah) dan perjanjian gadai tersebut seharusnya telah berakhir pada tahun 2015, namun pada tahun 2016 sampai dengan saat ini H. Yuyun masih belum melunasi uang gadai tersebut kepada Sholehuddin sedangkan tanah sawah tersebut ternyata kepemilikannya bukan milik H. Yuyun. H. Yuyun juga mengambil sewa kepada B. Sujani sebagai pemilik, sedangkan sewa tersebut akan berakhir pada tahun 2019.

Pada kegiatan problem solving diperoleh kesepakatan oleh kedua belah pihak dengan membuat surat pernyataan yang berisi kesepakatan sebagai berikut :
1. Pihak H. Yuyun sanggup mengembalikan uang gadai sebesar Rp40.000.000,- (empat puluh juta rupiah) kepada Sholehudin dengan tempo waktu paling lambat tujuh bulan yaitu pada bulan Juni 2019.
2. Apabila H. Yuyun tidak melunasi sampai jatuh tempo yang telah disepakaiti maka Sholehuddin akan melaporkan permasalahan tersebut ke jalur hukum.

Kapolsek Asembagus menghimbau kepada kedua belah pihak dengan menyampaikan pesan bahwa permasalahan tersebut jangan sampai memunculkan permasalah baru. “saya berharap masalah ini bisa di selesaikan dengan kepala dingin dan saya himbau agar ke dua belah pihak saling menjaga kamtibmas agar tetap aman dan  kondusif”, imbuhnya. (Asb/Ton)

Tulis Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: