Polsek Kapongan Beri Penyuluhan Etika Berlalu Lintas dan Penggunaan Media Sosial

Polres Situbondo – Tribratanews Situbondo, Anggota Polsek Kapongan memberikan penyuluhan dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau sebelumnya disebut Masa Orientasi Sekolah di SMK Nurul Huda Desa Peleyan Kecamatan Kabupaten Situbondo, Kamis (18/7/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kanit Binmas Ipda Agus Siswanto dan Bhabinkamibmas Brigpol Andik dengan memberikan materi penyuluhan tentang tertib berlalu lintas dan bijak dalam penggunaan media sosial. Dimana kegiatan penyuluhan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas X sebanyak 34 orang.

Penyuluhan tersebut dikandung maksud agar para siswa yang baru memasuki kelas X dapat memahami tentang peraturan dan tata tertib lalu lintas yang sangat penting mereka ketahui, karena mereka telah memasuki usia dewasa yang tentunya sudah diperbolehkan mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya apabila memasuki usia 17 tahun dan memiliki Surat Ijin Mengemudi.

Kanit Binmas dalam penyampaian materi menanyakan kepada siswa-siswi apakah mereka sudah berusia 17 tahun, ternyata dari keseluruhan siswa rata-rata masih berusia 15 tahun, sehingga mereka belum diijinkan untuk mengendarai kendaraan bermotor. “Kami juga sudah menyampaikan kepada dewan guru supaya melarang siswa-siswinya untuk tidak mengendarai sepeda motor saat berangkat maupun pulang sekolah,” tutur Kanit Binmas.

Pada saat penyuluhan itu pula, Brigpol Andik selaku bhabinkamtibmas menyampaikan materi tentang media sosial yang saat ini selalu menghiasi kehidupan kita. Bukan hal aneh lagi kalau Google, Facebook, Instagram ataupun Tweeter menjadi acuan kita untuk mencari informasi yang kita butuhkan.

Namun penggunaan media sosial harus dalam batasan-batasan sewajarnya dan jangan sampai digunakan untuk hal negatif. Sudah banyak berita disebabkan karena penggunaan media sosial diluar batas kewajaran yang menjerat mereka ke dalam kasus hukum. “Diharapkan kepada para siswa agar bijak dalam bermedia sosial, ambil manfaatnya untuk menunjang proses belajar sekolah,” ucap Brigpol Andik.

Kegiatan penyuluhan tentang lalu lintas dan media sosial tersebut mendapatkan apresiasi dari Kepala Sekolah, karena hal tersebut merupakan pokok penting yang harus dipahami oleh para siswa khususnya siswa kelas X yang mana mereka telah memasuki jenjang pendidikan baru. (kapongan/adc)

%d blogger menyukai ini: